Tuesday, April 24, 2012

Memilih Duga dan Berfikir Negatif


A: "rasanya kalo kita mengharapkan sesuatu tapi ko kayanya selalu ga sesuai dengan yang kita harapkan? Kayanya mending berfikiran negatif aja, terus entar kebalikannya daripada berfikiran positif tapi entar malah bikin down."

tak hanya siA yang merasakan seperti itu, mungkin diantara teman teman sekalian merasakan dan sependapat sama. Tak dipungkiri penulis pun pernah merasakan dan sependapat dengan siA.

Pada dasarnya, apapun yang kita duga entah itu negatif atau positif. Allah sudah mengatur dan memberikan pilihan yang terbaik untuk kita. Lalu apa yang menyebabkan kita memilih untuk menduga dan berfikir sesuatu yang negatif daripada berfikiran yang positif? Lalu apa bedanya dengan waspada?

Waspada adalah konsep atau rancangan yang dibuat manusia, dilatarbelakangi oleh kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan guna meminimalisir hal yang tak diinginkan tersebut terjadi. Sedangkan berfikiran negatif adalah tanpa rancangan atau konsep pemikiran matang yang dapat merugikan Pelaku atau orang lain.

Alasan mereka lebih memilih untuk menduga dan berfikiran negatif adalah agar mereka tidak terlalu terkejut mengetahui fakta yang tidak diinginkan, mereka sudah menduga sehingga akan tampak biasa.

Dan alasan mereka untuk tidak menduga dan berfikir positif adalah ketakutan mereka ketika menduga sesuatu yang positif tetapi tidak sesuai dengan apa yang diinginkan perasaan mereka, mereka akan lebih "down" dan mungkin lebih meratapi. Dan biasanya pelaku yang seperti ini akan memunculkan dalam benak mereka pertanyaan "mengapa?" pada diri sendiri.

Sebaiknya, kita tidak terlalu berfikiran positif jika tidak mampu menanggung beban jatuh dari ketinggian yang tinggi dan tidak juga berfikiran negatif, karena akan berdampak pada kondisi kejiwaan yang gelisah sehingga mempengaruhi rutinitas sehari hari dan kondisi kesehatan. Yakinlah Allah selalu memberikan hal yang terbaik untuk kita, dan semuanya telah diprogram. Pasrahkan semuanya hanya pada Allah SWT.

No comments:

Sebarkan untuk dunia yang lebih baik