Saturday, May 19, 2012

Dibalik loket pembayaran


A; "mengapa ya, hampir disetiap supermarket atau minimarket di tempat loket pembayaran selalu dijajakan makanan- makanan kecil seperti permen, coklat dan lain lain?"

beberapa cara dilakukan oleh pemilik supermarket atau minimarket untuk meningkatkan pengunjung dan pendapatan dari hasil penjualannya. Salah satunya dengan cara menjajakan makanan- makanan kecil, rokok, permen, coklat, dan barang- barang murah lainnya. Mungkin beberapa dari kita tak sadar maksud dari tujuan pemilik market menempatkan barang- barang tersebut disana.

Loket pembayaran adalah tempat melakukan transaksi uang dan barang. Biasanya disana kita menunggu untuk beberapa detik bahkan menit untuk menghitung jumlah harga yang harus kita bayar. Secara psikologis ketika seseorang menunggu sesuatu, orang tersebut akan menyibukkan diri dengan kegiatan- kegiatan yang sangat kecil walaupun hanya melirik kesana dan kemari. Ketika di tempat loket pembayaran, biasanya kita akan melihat- lihat barang dagangan yang dijajakan sembari menunggu harga total yang harus dibayar hingga memasukkannya ke dalam kantong plastik. Pandangan pertama awalnya biasa, kedua bisa jadi ingin, ketiga timbul hasrat ingin membeli, dan ketika punya uang lebih, ada kemungkinan kita jadi membeli barang tersebut. Maka yang tadinya keuangan kita digunakan untuk memenuhi kebutuhan, karena hal itu uang kita jadi digunakan untuk memenuhi keinginan.

Terlebih jika pelanggan membawa anak kecil, antrean loket pembayaran yang cukup lama, dan ketika anak kecil tersebut melihat coklat untuk waktu yang lama, timbullah keinginan memiliki, anak kecil itu meminta pada pelanggan yang membawanya, kebetulan membawa uang lebih dan karena tak ingin membuatnya sedih apalagi menangis akhirnya anak kecil tersebut mendapatkan coklatnya.

Selain itu untuk menarik daya pikat pengunjung, dibuatlah dekor ruangan yang se elegant mungkin, karyawan yang sopan, rapih dan perpenampilan menarik dapat membuat pengunjung menjadi menetapkan tempat dimana ia akan berbelanja.

Selain itu juga, diskon potongan harga ditempatkan dibagian yang sekiranya terjangkau oleh mata dari jarak pandang diluar dari area perbelanjaan, diskon harga yang ditulis cukup besar serta desain yang menarik yang dimana hal ini cukup efektif untuk memikat pengungjung.

Postingan ini tidak bermaksud untuk merugikan salah satu pihak, hanya bermaksud memberikan informasi. Semoga dapat bermanfaat :-)

Opini terkait dengan "Dibalik loket pembayaran":
>>Minuman Dingin Selalu Jauh Dari Kasir

 Tingkatkan kualitas hidupmu dengan mengetahui opini lainnya disini.

No comments:

Sebarkan untuk dunia yang lebih baik