Friday, May 18, 2012

Agar tidak terpengaruh lingkungan

Sumber gambar: http://socialmediaweek.org
A: "bagaimana agar kita tidak mudah terpengaruh lingkungan sekitar?"

manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, manusia saling membutuhkan satu sama lain, saling melengkapi satu sama lain yang didalamnya terjadi interaksi komunikasi. Lingkungan adalah bagian dari kehidupan yang otomatis kita sulit sekali bahkan tak bisa lepas dengan apa yang namanya lingkungan. Lingkungan dapat menimbulkan efek merugikan ketika lingkungan tersebut kotor, dikelilingi orang- orang yang kurang baik, yang kurang sesuai dengan kita. Namun lingkungan dapat juga menguntungkan ketika lingkungan tersebut bersih, dikelilingi oleh orang- orang yang baik, dan tentunya sesuai dengan kita. Permasalahannya, bagaimanakah sebaiknya kita ketika berada dalam lingkungan yang tidak sesuai?

Setiap manusia memiliki IQ EQ SQ, yaitu IQ (kecerdasan intelektual) ,EQ (kecerdasan emosional), SQ (kecerdasan spritual). Didalam IQ, kecerdasan dibagi menjadi 8 bagian yang saling terkait dan berhubumgan, dan setiap manusia Memiliki keunggulan di salah satu atau beberapa dari kedelapan kecerdasan tersebut. Untuk masalah lingkungan, mungkin kita akan difokuskan pada kecerdasan intrapersonal yaitu kemampuan untuk mengenali ekspresi wajah diri sendiri, memahami isi hati. Kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan untuk mengenali ekspresi wajah orang lain, isi hati orang lain, gerak gerik orang lain. Kecerdasan kinestik mengenai pengorganisasi seluruh tubuh untuk mekspresikan ide dan perasaan dan kemampuan menciptakan atau mengubah sesuatu. Selain itu kita juga menggunakan EQ (kecerdasan emosional) dan sebagai pendukung SQ (kecerdasan spritual).

Untuk contoh, asih seorang muslim. Dia baru pindah sekolah dan rumah dari Aceh ke Jakarta. Hal ini terjadi karena pekerjaan ayahnya yang memaksa ia dan keluarga harus pindah. Di jakarta, dia mendapati perbedaan yang signifikan dari pada di aceh, disekolahnya dia jarang sekali melihat perempuan memakai kerudung. Pergaulan dijakarta membuat ia merasa asing diantara Teman- teman barunya. Terkadang timbul keinginan untuk melepas jilbabnya karena diajak teman- temannya. Namun dia tetap bertekad untuk tidak melepas jilbabnya selain dirumah, dia menggunakan EQ (kecerdasan emosional) untuk tetap bersabar, disamping bersabar dia juga menggunakan kecerdasan interpersonal untuk memahami gerak gerik dan maksud teman- temannya, direspon dengan kecerdasan intrapersonal untuk merancang penyikapan ekpresi kepada teman- temannya dan diaplikasikan melalui kecerdasan kinestik. Serta SQ (kecerdasan spritual) untuk meneguhkan tekadnya dengan ibadah.

Opini terkait dengan "Agar tidak Terpengaruh Lingkungan"
>> Ingin Memiliki Sikap Dewasa

Tingkatkan kualitas hidupmu dengan mengetahui opini lainnya disini.

Semoga bermanfaat. :-)

No comments:

Sebarkan untuk dunia yang lebih baik