Monday, May 14, 2012

Membangkitkan Semangat Belajar



A: "beberapa minggu lagi saya akan melaksanakan snmptn, tapi sampe sekarang saya merasa kurang bersemangat dalam belajar. Bagaimana membangkitkan semangat belajar?"

sebelumnya saya telah memasukkan beberapa postingan yang berjudul "mengatasi malas belajar" dan "mendapatkan semangat hidup" yang berkaitan dengan topik yang akan dibahas sekarang.

Beberapa orang memiliki tujuan dan niatnya masing- masing untuk belajar. Apa tujuan mereka belajar? Mengapa harus belajar?. Beberapa orang bertujuan memasukkan diri mereka kedunia pendidikan dikarenakan agar mereka kelak dewasa nanti mendapatkan kesuksesan, ada juga mereka yang dimasukkan kedunia pendidikan oleh orang tua atau orang lain dengan tujuan yang sama agar sukses dewasa nanti. Namun ada beberapa orang juga yang belajar dikarenakan ingin menuntut ilmu, hal ini telah dijelaskan dalam hadits yang berisi "Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim (baik muslimin maupun muslimah)" (HR. Ibnu Majah) dan "barang siapa yang berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan baginya jalan menuju syorga" (HR. Muslim). Hak setiap orang memilih tujuan mereka untuk belajar selagi dapat memotivasi dan tidak merugikan orang lain. Dan kembali menjadi masalah ketika kita kehilangan semangat untuk belajar.

Berikut beberapa poin yang mungkin dapat membantu permasalahan pembaca:
1. Memulai dari sesuatu yang kecil.
biasanya ketika ingin belajar, yang menjadi sugesti kita untuk bertindak adalah "aku ingin belajar", tapi tak jarang dari mereka yang hanya sekedar ingin tapi tidak mengaplikasikan ke inginan mereka. Maka ketika ingin belajar, cobalah untuk mensugestikan diri sendiri "aku ingin menyentuh buku", setelah menyentuh coba paksakan diri untuk membuka lembar demi lembar. Biasanya ketika membuka lembar demi lembar ada beberapa soal yang menjadi daya tarik untuk mengerjakan karena ia mampu mengerjakan atau tertantang, maka jangan rusak daya tarik tersebut dengan tidak menyiapkan alat tulis. Coba Selalu mengantongi pinsil.

2. Sugesti tujuan belajar.
cobalah mensugestikan diri sendiri. Contoh jika seseorang tersebut berwatak keras bisa menggunakan sugesti sebagai berikut "aku tak ingin direndahkan oleh mereka, aku akan diatas mereka akan ku buktikan kepada mereka aku mampu, aku sukses, aku berwawasan. Karena akulah yang berpendidikan". Atau jika seseorang tersebut berwatak lembut bisa menggunakan sugesti sebagai berikut "aku harus berilmu, aku ingin membantu mereka dengan pengetahuanku dengan ilmuku, hadirku akan berguna, akan bermanfaat"

3. IQ EQ SQ
seimbangkan intelektual, emosional, spritual. Lebih lanjut klik disini 

4. Menghayati motivasi.
Ketika seseorang membaca motivasi maka hayati, telaah makna, dan usahakan untuk tidak terburu- buru.

5. Berdo'a.
setelah kita berusaha hendaknya kita berdo'a, memohon teguhkan hati agar ketika kita tidak mudah down.

Semoga dapat bermanfaat :-)

Opini terkait dengan "Membangkitkan Semangat Belajar"
>> Pentingnya Memanfaatkan Waktu
>> Otak Kita Tidak Menginginkan Usaha yang Lebih

Tingkatkan kualitas hidupmu dengan mengetahui opini lebih banyak disini

No comments:

Sebarkan untuk dunia yang lebih baik