Kata Pengantar
Assalamu’alaikum
Wr.Wb.
Segala
puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya kepada saya sehingga dapat
menyelesaikan Tugas Penelitian Sosiologi tentang “Ketergantungan pada siswa
yang lebih pintar disaat ujian yang terjadi pada kelas
XII IPS 6”.
XII IPS 6”.
Dalam
penelitian ini saya merasa masih banyak kekurangan baik pada penulisan, maupun
materi. Saya juga mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang telah
membantu saya dan khususnya kepada Ibu dan pada Bapak guru yang telah memberikan
waktu untuk menyelesaikan tugas ini, dan tanpa bantuan teman-teman saya pun
tidak bisa menyelesaikan tugas ini.
Wassalamu’alaikum
Wr.Wb
Cirebon,
22 Maret 2012
Penyusun
Fikri
Yoans Bagja
Daftar
Isi
KATAPENGANTAR…………………………………………………………........1
DAFTAR
ISI……………………………………………………………………......2
BAB1
PENDAHULUAN………………………………………………...................3
A.
LatarBelakang………………………………………………….......3
B.
Rumusan Masalah………………………………………………….3
C.
Manfaat…………………………………………………………….4
D.
Tujuan……………………………………………………………...4
BAB
2
KAJIANPUSTAKA…………………………………………………………5
Pengertian
Ketergantungan…………………………………………...5
BAB
3
METODEPENELITIAN………………………………………………….....6
A.
Pendekatan Penelitian………………………………………….......6
B.
Sumber Data……………………………………………………….6
C.
Teknik Pengumpulan Data………………………………………...6
BAB
4
KESIMPULAN,
KRITIK, DAN SARAN…………………………………...7
A. Kesimpulan…………………………………………………….......7
B. Kritik…………………………………………………………….....7
C. Saran…………………………………………………………….....7
Angket………………………………………………………………………......8-15
BAB
I
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Kemampuan siswa
memang berbeda-beda. Aslinya semua siswa itu pintar, tetapi tidak semua bisa
mengembangkannya. Siswa itu ada yang rajin dan ada yang malas. Biasanya siswa yang mala itu kurang
kepercayaan diri pada saat pemebelajaran maupun pada saat ujian. Bahkan mereka
lebih memilih bergantung pada siswa lain yang lebih pintar.
Maka dalam penelitian ini saya akan membahas tentang
“Ketergantungan pada siswa yang lebih pintar disaat ujian yang terjadi pada
kelas XII IPS 6”. Seharusnya ini tidak dilakukan oleh para siswa karena ini
menyangkut masa depan mereka. Tetapi sebagian siswa menganggap bahwa ini adalah
salah satu tradisi pada saat ujian.
Sebenarnya siswa yang pintar pun enggan memberikan
jawaban. Bukan karena mereka pelit tetapi karena mereka tidak mau temannya itu
selalu bergantung padanya. Akan tetapi jika dia tidak memberikan jawaban maka
dia akan disebut tidak solidaritas oleh teman-temannya.
B. Rumusan Masalah
Kata ”Ketergantungan” memang sudah tak asing lagi
kita dengar. Berbagai macam hal bisa ada dalam ini mulai dari hal yang paling
kecil sampai yang paling besar. Tapi yang satu ini adalah ketergantungan kepada
siswa yang lebih pintar pada saat ujian. Ini cukup bahaya jika terus-terusan
dilakukan karena masalah ini menyangkut tentang masa depan siswa. Dan karena
itulah saya ingin meneliti hal ini pada kelas XII IPS 6, yang kebetulan masalah
ini pun terjadi pada siswa-siswi kelas XII IPS 6.
Oleh karena itu, secara umum penelitian ini
didasarkan kepada Rumusan Masalah sebagai berikut:
1. Apakah
anda tahu alas an utama mengapa dikelas XII IPS 6 terjadi ketergantungan pada
siswa yang lebih pintar disaat ujian? Jelaskan!
2. Mengapa
itu bisa terjadi?
3. Bagaimana
tanggapan anda tentang masalah tersebut?
4. Bagaimana
cara agar tidak ada lagi ketergantungan tersebut?
C. Manfaat penelitian
Dengan dilakukan hasil penelitian ini peneliti
berharap:
1. Peneliti
dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai sikap ketergantungan pada
siswa yang lebih pintar di saat ujian yang terjadi pada kelas XII IPS 6.
2. Peneliti
dapat memberikan masukan / motivasi kepada siswa yang mungkin bersangkutan.
3. Gambaran
bagaimana ini bisa terjadi untuk siswa / generasi berikutnya.
4. Bisa
menambahkan ilmu tentang tema yang peneliti baca kepada pembaca walaupun
sedikit.
D. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk:
1. Mengetahui
sikap atau tanggapan para siswa mengenai ketergantungan pada siswa yang lebih
pintar di saat ujian yang terjadi pada kelas XII IPS 6.
2. Mendapatkan
data dan informasi yang pasti mengenai masalah tersebut dengan pasti karena
bersumber langsung dari siswa yang mungkin bersangkutan.
3. Membantu
menyelesaikan masalah, setidaknya mencari jalan keluar atau titik tengah agar
masalah ini tidak terus berkelanjutan.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
A. Pengertian Ketergantungan
Ketergantungan mempunyai banyak arti dan presepsi.
Ada yang menyebut Ketergantungan adalah suatu hubungan sosial seseorang yang
tergantung pada orang lain. Ataupun ada yang mengartikan yaitu seseorang yang
belum bisa mengemban tanggung jawabnya sendiri. Jika seseorang yang hidupnya
selalu bergantung kepada orang lain maka hidup orang tersebut tidak akan
mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Tetapi sebagian orang menganggap
jika ini adalah suatu hal yang wajar yang tak sing lagi ada di dalam kehidupan ini.
Memang kita
ini adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.
Ketergantungan pun dibutuhkan dalam kehidupan kita. Tetapi jangan salah
mengartikannya. Kita boleh bergantung terhadap orang lain jika memang tanggung
jawab kita memang belum pantas kita emban sendiri. Tetapi jika seseorang
terlanjur hidupnya bergantung kepada orang lain apa salahnya berubah kearah
yang lebih baik.
BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
A.
Pendekatan penelitian
Dalam penelitian ini,
penelitian menggunakan metode deskriptif dan metode angket.
Metode wawancara terencanaadalah suatu medote dalam
penelitian yang bertujuan mendeskripsikan suatu gejala atau peristiwa yang
terjadi. Sedangkan metode angket kami membuat angket “KETERGANTUNGAN PADA SIWA
YANG LEBIH PINTAR DI SAAT UJIAN ” yang disebarkan kepada beberapa siswa kelas
XII IPS 6. Sehingga hasil anhgket kami buat menjadi laporan penelitian.
B.
Sumber data
Sumber
data kami hanya dari siswa-siswi kelas XII IPS 6
C.
Teknik Pengumpulan Data
Dalam
penelitian inimenggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dimana
responden di berikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan
pewawancara tanda ada pengaruh dan paksaan sedikitun dan dari siapapun.
BAB
IV
Kesimpulan,
kritik, dan saran.
A. Kesimpulan
Jadi
selalu berketergantungan pada siswa yang lebih pintar di saat ujian adalah
sikap yang mesti kita hindarkan. Jika kita sudah terlanjur seperti itu mulai
dari sekarang kita meminimalisir atau bahkan langsung di hilangkan. Ketergantungan
membuat hidup kita tidak akan lebih baik lagi. Kita harus tingkatkan rasa
percaya diri kita bahwa kita bisa mengemban tanggung jawab kita dengan sendiri.
B.
Kritik
Sikap
siswa yang selalu berketergantungan pada temannya yang lebih pintar pada saat
ujian adalah sikap yang kurang baik dilakukan. Karena jika mereka terus seperti
itu tidak lain halnya masa depan mereka jadi taruhannya. Maka buanglah sikap
seperti itu, percayalah kepada kemampuan diri sendiri.
C. Saran
1. Percayalah
pada kemampuan diri sendiri, jadikan ketergantungan pada diri sendiri bukannya
pada orang lain.
2. Tanamkan
motivasi yang kuat pada diri sendiri untuk menjadi yang lebih baik.
3. Tentunya
butuh modal yang kuat yaitu belajar dengan sungguh-sungguh serta di iringi oleh
doa.
ANGKET
“Ketergantungan
pada siswa yang lebih pintar di saat ujian”
Nama:
Kelas:
1. Apakah
anda tahu alas an utama mengapa dikelas XII IPS 6 terjadi ketergantungan pada
siswa yang lebih pintar disaat ujian? Jelaskan!
2. Mengapa
itu bisa terjadi?
3. Bagaimana
tanggapan anda tentang masalah tersebut?
4. Bagaimana
cara agar tidak ada lagi ketergantungan tersebut?
Jawaban
ANGKET
“Ketergantungan
pada siswa yang lebih pintar di saat ujian”
Nama:
Kelas:
5. Apakah
anda tahu alas an utama mengapa dikelas XII IPS 6 terjadi ketergantungan pada
siswa yang lebih pintar disaat ujian? Jelaskan!
6. Mengapa
itu bisa terjadi?
7. Bagaimana
tanggapan anda tentang masalah tersebut?
8. Bagaimana
cara agar tidak ada lagi ketergantungan tersebut?
Jawaban
ANGKET
“Ketergantungan
pada siswa yang lebih pintar di saat ujian”
Nama:
Kelas:
9. Apakah
anda tahu alas an utama mengapa dikelas XII IPS 6 terjadi ketergantungan pada
siswa yang lebih pintar disaat ujian? Jelaskan!
10.
Mengapa itu bisa terjadi?
11.
Bagaimana tanggapan anda tentang masalah
tersebut?
12.
Bagaimana cara agar tidak ada lagi
ketergantungan tersebut?
Jawaban
ANGKET
“Ketergantungan
pada siswa yang lebih pintar di saat ujian”
Nama:
Kelas:
13.
Apakah anda tahu alas an utama mengapa
dikelas XII IPS 6 terjadi ketergantungan pada siswa yang lebih pintar disaat
ujian? Jelaskan!
14.
Mengapa itu bisa terjadi?
15.
Bagaimana tanggapan anda tentang masalah
tersebut?
16.
Bagaimana cara agar tidak ada lagi ketergantungan
tersebut?
Jawaban
No comments:
Post a Comment