AdsenseCamp

Jumat, 20 Juli 2012

Makalah Belajar Efektif Kelas


KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada kehadirat Illahirobbi karena atas anugerahnya jualah akhirnya tugas makalah Sosiologi yang diperuntukkan untuk memenuhi nilai pelajaran sekolah.
Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya penyusun ucapkan kepada orang tua, ibu Lindiana Malau selaku guru mata pelajaran Sosiologi, serta teman-teman yang telah mendukung dan membantu dalam penyusunan makalah ini.

Upaya penyusunan makalah ini didasarkan atas harapan penyusun memberikan yang terbaik kepada pihak yang membaca dan penyusun juga berharap agar makalah ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan bagi para pembaca.
Saran serta masukan ataupun kritik terhadap makalah ini penyusun harapkan agar kekurangan yang ada dapat diperbaiki.



                                                                                                Penyusun










DAFTAR ISI
  Kata Pengantar………………………………………………………………….
  Daftar Isi………………………………………………………………………..
  BAB I      PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang …………………………………………………….
B.          Rumusan Masalah…………………………………………………
C.          Tujuan Penelitian………………………………………………….
D.         Manfaat Penelitian………………………………………………..
E.          Sistematika Penelitian……………………………………………..
  BAB II     Kajian Pustaka
A.    Landasan Teori……………………………………………..............
B.     Kerangka Berpikir Peneliti…………………………………………
C.     Hipotesis……………………………………………………………
  BAB III    Metodologi Penelitian
A.    Pemilihan Subjek Penelitian………………………………………..
B.     Pendekatan Penelitian………………………………………………
C.     Pengumpulan Data………………………………………………….
  BAB IV   Pelaksanaan Penelitian
A.    Analisis Data………………………………………………………..
B.     Hasil Analisis………………………………………………………..
BAB V    Hasil Penelitian dan Penutup
A.     Kesimpulan…………………………………………………………
B.     Saran ………………………………………………………………..
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………..
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Mengadakan Penelitian
            UjianAkhirNasionalatau yang telahkitakenaldengan UN adalahajangpenentuanbagiseluruhkelas 3 SMP maupun SMA.Dalamujianini, siswa-siswidituntutuntukmempelajaridanmengingatsemuamateripelajaransejakkelas  1hinggakelas 3. Kelulusan pun dite
            Menjelangujiannasionaltahun 2012, siswadansiswi SMA Negeri 7 Cirebon khususnyakelas XII IPS 6 sibukdenganberbagaikegiatansepertipengayaandan try out sertamengikutibimbinganbelajar di luarsekolah. Hal tersebutdilakukanuntukmenunjangkelancaranUjianNasional yang akandilaksanakan 2 bulankedepan. Berbagaipersiapantelahdilakukansepertimembelibukusoal-soal UN ataumengikutiberbagai try out daribimbel.
            Siswa-siswi SMA Negeri 7 Cirebon khususnyakelas XII IPS 6 samahalnyadenganseluruhsiswa di Indonesia. merekaberusahabelajarsemaksimalmungkindanberusahamembagiwaktusecaraadildalamberbagaikegiatan. KarenabukansajaharusmenghadapaiUN ,merekajugaakanmenghadapiUjianPraktekdanUjianSekolah yang jugamenentukankelulusanmereka. Padatnyajadwalkeseharianmereka, membuatsemangatbelajaranak-anakmenurunkarenalelahnyamerekamelakukanaktivitasgunamenghadapiberbagaiUjian.Cara belajar yang efektifdiperlukandalamkondisisaatini.Metodebelajar yang efisiendapatmembantusiswadalammenerimadanmemahamimateripelajaran yang akandiujikan.
            Mengingathaltersebutdiatas, penulismenilaiadanyamasalah yang timbulkhususnyadalamhalbelajar yang terjadi di kelas XII IPS 6 SMA Negeri 7 Cirebon.

1.2. PerumusanMasalah
·         Bagaimanacarapembagianwaktusiswakelas XII IPS 6
·         Bagaimancarabelajarkelassiswa XII IPS 6
·         Bagaimanamengatasikejenuhandalambelajar
·         Apasajakegiatan lain yang menunjangsemangatbelajar
·         Apasaja yang membuatmalasbelajar
·         Siapasajapendorongsemangatuntukbelajar
·         Apasaja factor pendorongdalambelajar


1.3. TujuanPenelitian
1.      Salah satusyaratmemenuhinilaitulisSosiologi
2.      Untukmempermudahmengembagkancarabelajar yang efektif
3.      Sebagai media yang memberikantuntutan agar dapatmembantumeningkatkankualitasbelajar
4.      Mendapatkan data daninformasi yang pastimengenaimasalahbelajarsiswakelas XII IPS 6
5.      Mengetahuisikapdantanggapanparapesertadidik SMA Negeri 7 Cirebon tahunajaran 2011-2012 kelas XII IPS 6 mengenaicarapembagianwaktudalambelajarmenghadapiUjianNasional

1.4. ManfaatHasilPenelitian
1.      Penelitidapatmemperolehgambaran yang lebihjelasmengenaicarabelajarkelas XII IPS 6 SMA Negeri 7 Cirebon tahunajaran 2011-2012.
2.      Penelitidapatmemberikanmasukankepadaparasiswabagaimanacarabelajarkondusifdanbaik yang dapatmenunjangdalammengertimateri
3.      Penelitijugainginikutmemberikansumbangan, walaupunkecil, kepadaduniailmupengetahuan, mudah-mudahanhasilpenelitianininantinyaakanbermanfaatuntukmemperkayapengetahuan.

1.5. MetodePenelitian
            Bahankaryatulisinipenelitidapatkandarisumberbuku, internet, danhasilpenelitiansecaralangsungmelaluimetodeangket yang disebarkepadabeberapasiswa XII IPS 6 sebagaicontohsampel

1.6. SistematikaPenelitian
            Langkah-langkahpenyusunankaryailmiahyaitu:
1.      Menentukan topik dan merumuskan tema yang akan dibahas
2.      Menyusun kerangka penelitian
3.      Mengumpulkan bahan untuk pembahasan
4.      Mengembangkan kerangka penelitian secara terperinci



BAB II
KAJIAN PUSTAKA
1.     Landasan Teori
Pengertian Belajar
Belajar adalah suatu aktifitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.
Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.
Pengertian belajar menurut kamus bahasa Indonesia :
Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman.

Pengertian belajar menurut beberapa ahli :
1. Menurut james O. WhittakerBelajar adalah Proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.
2. Winkel, belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, nilai dan sikap.
3. Cronchbach Belajar adalah suatu aktifitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
4. Howard L. Kingskey Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.
5. Drs. Slameto  Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu  itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya.


6. R. Gagne. Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, ketrampilan, kebiasaan dan tingkah laku
7. Herbart (swiss) Belajar adalah suatu proses pengisian jiwa dengan pengetahuan dan pengalamn yang sebanyak-banyaknya dengan melalui hafalan
8. Robert M. Gagne dalam buku: the conditioning of learning mengemukakan bahwa: Learning is change in human disposition or capacity, wich persists over a period time, and which is not simply

Belajar Efektif

Pengertian belajar menurut kamus bahasa Indonesia :
Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman.
Efektif berarti ada efeknya (akibatnya, pengaruhnya, kesannya);  manjur atau mujarab (tt obat); dapat membawa hasil; berhasil guna (tt usaha, tindakan);  mulai berlaku (tt undang-undang, peraturan). Sedangkan definisi dari kata efektif yaitu suatu pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Efektifitas bisa juga diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan. Misalnya jika suatu pekerjaan dapat selesai dengan pemilihan cara-cara yang sudah ditentukan, maka cara tersebut adalah benar atau efektif.

2.     Kerangka Berpikir Peneliti

Saat ini di kelas XII IPS 6 sedang disibukkan dengan berbagai kegiatan Ujian Praktek dan persiapan menghadapi UN dan Ujian Sekolah yang sangat menyita waktu. Praktek mata pelajaran yang akan diujikan sangat menyita waktu dan tenaga sehingga siswa harus pintar untuk membagi waktu dalam belajar sehari-hari dan untuk Ujian Praktek.
Masalah ini menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui tanggapan serta cara para siswa XII IPS 6 menghadapi berbagai Ujian di sekolah. Namun masalah ini sangat menarik untuk dibahas dan dicari jalan keluarnya agar dapat membantu memberi solusi dalam masalah tersebut.






3.    Hipotesa

Peneliti menduga bahwa tidak ada keefektifan dalam waktu belajar siswa kelas XII khususnya siswa kelas XII IPS 6 yang karena padatnya jadwal dalam melaksanakan berbagai mata pelajaran yang diujikan serta tugas-tugas dari setiap guru mata pelajaran yang menuntut siswa agar mengerjakan tugas tepat waktu. Hal ini yang mendorong para siswa agar dapat membagi waktu dengan tepat.

      Adanya kemalasan dan ketidakefektifan belajar juga karena mungkin waktu yang kurang dan kondisi lingkungan juga perlu diperhatikan.



































BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

1.     Pemilihan Subjek Penelitian
           
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan metode deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu gejala atau peristiwa yang terjadi pada situasi sekarang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk menemukan informasi berkaitan dengan sikap dan cara belajar yang efektif dan cara pembagian waktu kelas XII IPS 6. Informasi yang peneliti temukan akan diuraikan (dideskripsikan) sebagaimana adanya, menurut data yang ditemukan.

2.     Sumber Data

Sesuai dengan judul, sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS6 . hasil penelitiannya berupa angket atau quisioner yang diambil dengan mengisi beberapa pertanyaan yang di ajukan dalam angket tersebut.
Jumlah siswa di kelas XII IPS 6 berjumlah 37 orang dan peneliti hanya mengambil 15 sampel pendapat dan jawaban dari siswa siswi secara acak.

3.     Teknik Pengimpulan Data

Pengumpulan data tidak lain merupakan suatu proses pengadaan data untuk keperluan penelitian. Dalam penelitian ini digunakan angket untuk mengumpulkan data. Bentuknya berupa daftar pertanyaaan. Responden diberi kesempatan untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan tanpa pengaruh dan tekanan apapun, atau sesuai dengan isi hati mereka.
Angket tersebut diberikan secara langsung kepada siswa. Angket langsung dikerjakan saat itu juga sementara peneliti menunggu sambil memberikan penjelasan kalau ada yang perlu ditanyakan responden.



BAB IV
PELAKSANAAN PENELITIAN

1.      Pengembangan Instrumen

Seperti peneliti sampaikan di atas, bahwa penelitian ini menggunakan teknik angket (kuisioner). Untuk itu, peneliti telah membuat sejumlah pertanyaan untuk angket tersebut. Angket tersebut terdiri dari 15 pertanyaan dan setiap pertanyaan disertai empat pilihan jawaban. Pilihan jawaban yang peneliti berikan meliputi: a. ya, b.tidak, c.kadang-kadang, d.sering. daftar angket tersebut dapat dilihat pada lampiran.
Adapun hal-hal yang ditanyakan seputar cara belajar dan semangat belajar. Para responden diminta menjawab secara jujur dan apa adanya.


2.      Analisis Data

Setelah data diperoleh melalui angket, kemudian data diolah (dianalisis) dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Perhitungan Data dengan teknik Tallyng
Data yang masih berupa lembaran-lembaran jawaban dari responden, dihitung satu per satu. Setiap pilihan jawaban ditandai dengan satu turus dan dimasukan ke dalam tabel. Setiap menemukan satu jawaban, lalu dibuat satu turus sesuai kelompoknya.

2.      Perhitungan Frekuensi Jawaban setiap pilihan
Setelah semua pertanyaan diperiksa dan setiap pilihan jawaban ditandai dengan turus, selanjutnya semua dijumlah. Akhirnya akan ditemukan frekuensi setiap pilihan jawaban.

3.      Pengolahan data dengan mencari persentase jawaban
Sampai langkah kedua diatas, peneliti telah mendapatkan data mentah dari hasil angket. Supaya data mentah tersebut diinterpretasikan, maka peneliti mengolahnya secara lebih lanjut dengan rumus untuk menemukan presentasi masing-masing jawaban yang muncul.







BAB V
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Berasarkan hasil analisis data diatas, peneliti dapat menyimpulkan bahwa rata-rata siswa sering dan terkadang mengalami kejenuhan dalam belajar. Banyak factor yang membuat mereka malas dan jenuh saat belajar. Diantaranya seperti materi yang tidak dimengerti siswa atau arena kondisi lingkungan yang menjadikan mereka malas dan jenuh.
Selain itu factor pengajaran yang asik juga dibutuhkan untuk menunjang siswa agar semangat belajar. Karena cara belajar monoton dan terkesan tegang dapat membuat siswa malas dan jenuh.


B.      Saran
Sehubungan dengan kesimpulan diatas yang menyebutkan bahwa semangat belajar harus ditumbuhkan dan didorong dengan berbaai factor, maka peneliti member saran jika peran orang tua sangat penting disini.
Orang tua berperan sebagai pemberi semangat kepada anaknya dan ikut mengarahkan dalam masalah belajar. Orang tua juga harus memantau lingkungan pergaulan anaknya agar tidak salah bergaul dengan lingkunan yang salah.
Peran teman-teman juga membantu semangat belajar. Orang tua harus memberikan perhatian penuh dalam masalah belajar dan harus memfasilitasi kondisi dan lingkungan belajar bagi anaknya.















DAFTAR PUSTAKA

Arikunto,Suharsimi, Prof. dr. 1999. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta
Suhardi, Sunarti, Sri.2009. Sosiologi 3. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depatemen Pendidikan Nasional















TUGAS MAKALAH SOSIOLOGI
“CARA BELAJAR EFEKTIF SISWA KELAS 3”

            Disusun Oleh :
            Nama             :  Tiya Wulandari
            Kelas              :  XII IPS 6
            Absen                        :  34

SMA NEGERI 7 CIREBON
Jl. Perjuangan Telp. (0231) 482734 Kode Pos 45135 Cirebon