Hampir semua mini market yang pernah penulis kunjungi, menempatkan tempat pendingin minuman selalu jauh dari kasir. Pernahkah pembaca menyadari mengapa alf*mart, ind*mart, yo*art, dan sejenisnya menempatkan mesin pendingin minuman selalu jauh dari kasir? Dan tambah lagi tempat kasir selalu berada disebelah kanan dekat dengan pintu masuk.
Sumber gambar: http://berita.beritajatim.com/ |
Untuk sebuah
sistem yang sangat besar, mereka memilki alasan yang kuat untuk merancang
sebuah tempat perbelanjaan agar meningkatkan penjualan.
Seorang
psikolog dari University of Southern California mengatakan “Pelanggan terkadang
bertindak seperti makhluk yang hanya mengandalkan kebiasaan, secara otomatis
mengulang perilaku masa lalunya tanpa peduli tujuan masa kini”. Sehingga, tak
jarang saat kita hanya ingin membeli minuman dingin malah nambah beli coklat.
Saat akan
membeli minuman dingin di mini market. Biasanya pelanggan akan melewati
barisan-barisan makanan kecil lainnya. Sambil berjalan, pelanggan dibuat
tertarik dengan kemasan, dan mungkin harga dari makanan-makanan kecil tersebut.
Setelah sampai pada tempat minuman dingin, barulah mereka mengambil minuman
pilihan mereka. Dan sering kembali melewati jalan yang berbeda untuk menuju
kasir. Dengan maksud “mau tau ada apa aja ya”.
Dan penulis
berpendapat bahwa, kebanyakan pelanggan diantara lapar dan haus, mereka akan
pergi ke minimarket ketika haus, dan akan pergi kewarung makan ketika lapar. Ditambah
lokasinya dipinggir jalan menyebabkan banyak pengendara yang sekedar mampir untuk
melepas dahaga. Sepertinya jarang sekali pengendara yang mampir ke minimarket
karena lapar (kecuali terdesak).
Intinya,
minimarket tersebut merancang tempat seperti itu dengan maksud membawa
pelanggan untuk berkeliling. Setidaknya pelanggan melihat tidak hanya pada
minuman pendingin. Inilah yang menyebabkan perubahan tujuan kita membeli, kita
berencana membeli 1 dan keluar membawa 2.
Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com/ |
Kasir adalah
tempat melakukan transaksi /
pembayaran yang menjadi
akhir dari sebuah transaksi
jual beli antara
konsumen dan produsen sehingga
menghasilkan kepuasan pada masing-masing pihak. Karena hal
tersebut membutuhkan proses. Dan setiap proses membutuhkan waktu, maka pelanggan
haruslah menunggu.
Ditempat kasir, minimarket atau supermarket menerapkan cara
untuk meningkatkan penjualan. Ada apa dengan loket pembayaran? Bagaimana mereka
mengatur tempat kasir?
Jika pembaca
merupakan pemilik toko, tidak ada salahnya mencoba teknik diatas dan beritahu
mereka jika pemilik toko tersebut adalah orang-orang yang anda cintai.
Penulis
sangat bersyukur jika post ini bermanfaat. Jika dirasa bermanfaat dan menarik,
sebarkan kepada orang-orang yang kamu cintai untuk terus belajar memahami hidup
lebih baik.
Terimakasih :)
Opini terkait dengan "Minuman Dingin Selalu Jauh dari Kasir":
>>Dibalik Loket Pembayaran
Tingkatkan kualitas hidupmu dengan mengetahui opini lainnya disini
Opini terkait dengan "Minuman Dingin Selalu Jauh dari Kasir":
>>Dibalik Loket Pembayaran
Tingkatkan kualitas hidupmu dengan mengetahui opini lainnya disini
Referensi:
Duhigg,
Charless. 2006. “The Power of Habit”. Duke University
Universitas Sumatra
utara. 2014. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/40701/5/Chapter%20I.pdf Dikakses: 6 Januari 2015
No comments:
Post a Comment